Pentingnya Kegiatan Posyandu Untuk Balita


Posyandu merupakan salah satu pelayanan maupun pemantauan kesehatan yang dilakukan secara terpadu. Kegiatan posyandu sendiri dilakukan untuk memberikan pelayanan untuk masyarakat. Kegiatan ini meliputi pelayanan imunisasi maupun memberikan pendidikan gizi maupun pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Seperti yang dilakukan oleh tim kesehatan (kader) puskesmas Pare yang menjalankan kegiatan posyandu yang dibantu oleh mahasiswa KKN Desa Tulungrejo dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Kegiatan posyandu sendiri diadakan setiap bulan, tepatnya padu bulan Februari diadakan di desa Tulungrejo dan dibagi per posyandu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.


Tepatnya kemarin (07/02) kegiatan posyandu diadakan di Posyandu Mulyoasri 3 Desa Tulungrejo. Kegiatan ini memberikan beberapa pelayanan diantaranya :
1. Penimbangan bulanan,
2. Pemeliharaan kesehatan balita,
3. Pemberian makanan tambahan, dan juga
4. Imunisasi.
Posyandu sendiri memberikan manfaat, baik untuk masyarakat maupun untuk kader. Masyarakat mendapatkan pelayanan dan informasi mengenai kesehatan balita, mendapatkan kapsul vitamin A, bayi mendapatkan imunisasi lengkap, dan pelayanan lainnya.

Kegiatan posyandu yang diadakan di desa Tulungrejo kemarin melakukan pendataan baik pendataan penimbangan bulanan, pengukuran tinggi badan, dan imunisasi (sesuai dengan jadwal). Imunisasi sendiri memiliki manfaat guna membuat kekebalan tersendiri bagi balita. Pemberian imunisasi sendiri diberikan dengan cara menyuntikkan vaksin dimana vaksin itu sendiri merupakan bakteri yang sudah dilemahkan dan apabila bakteri tersebut masuk kedalam tubuh, maka secara otomatis tubuh akan memberikan respon dan memberikan antibodi guna melawannya. Sehingga, apabila nanti si anak terserang bakteri sungguhan maka tubuhnya akan lebih kebal dikarenakan tubuhnya mempunyai antibodi untuk melawannya.


Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa di dalam Islam sendiri sangat penting dalam mencegah. Seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati” hal ini memanglah benar dan dalam hadist nabi pun sudah dijelaskan “Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara (1) waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, (2) waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, (3) masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, (4) masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan (5) hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya 4:341 yang shahih). Jadi, pentingnya mencegah sangatlah dianjurkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.