Cintai Lingkungan, Alam dan Kehidupanmu


Jum’at, 26 Januari 2018
Alam memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Dengan mencintai alam dan lingkungan, kita juga telah mensyukuri nikmat yang Allah berikan pada kita. Nikmat yang Allah berikan pada kita sangatlah banyak, seperti contoh salah satu ayat berikut “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl, 16:11)


Mencintai alam dan lingkungan memberikan manfaat untuk kehidupan kita sebagai manusia. Seperti yang dilakukan oleh warga desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang melakukan agenda cinta lingkungan kemarin (26/01) dengan membersihkan aliran sungai bersama Mahasiswa KKN-P (Kuliah Kerja Nyata – Pencerahan) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Agenda tersebut melibatkan beberapa pihak, mulai dari warga sekitar sungai, beberapa pihak TNI, hingga bersama dengan perusahaan jasa ojek online seperti (Grab dan Go-jek). Selain memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan dan keasrian sungai, agenda tersebut juga memiliki manfaat untuk saling gotong royong antar sesama warga, hingga keakraban antara mahasiswa dan warga setempat.



Jika sungai tercemar dengan sampah maupun limbah pabrik, maka akan membuat sungai menjadi kotor, bau, hingga tercemar dan menimbulkan beberapa busa. Padahal, air sungai biasanya diolah untuk air minum manusia yang biasanya dialirkan melalui perusahaan air minum milik pemerintah yang disalurkan ke rumah tangga. Selain itu, sungai yang kotor juga dapat mempengaruhi biota kehidupan sungai yang dapat terganggunya rantai makanan.

Oleh karena itu, kebersihan sungai memanglah harus sangat diperhatikan agar memberikan banyak manfaat baik untuk manusia itu sendiri, maupun hewan dan juga tumbuhan. Yukk, sayangi lingkungan sekitar anda!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.